Looking to boost your skills and knowledge? Sibermu Academy's have got you covered Learn more

Pelatihan Manajemen Reputasi Digital PP Muhammadiyah

moocssibermu moocssibermu moocssibermu
Lewati ke konten utama

Ringkasan topik

    • Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

      Sebagai bagian dari proses evaluasi dan pengukuran efektivitas pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk mengisi pre-test yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan ini. Instrumen ini tidak hanya menjadi alat evaluatif, tetapi juga menjadi bagian dari pembelajaran reflektif bagi setiap peserta. Kami berharap peserta dapat mengikuti pre-test ini dengan sungguh-sungguh, jujur, dan penuh tanggung jawab, sehingga hasilnya benar-benar mencerminkan capaian kompetensi yang diharapkan.

      Akhir kata, semoga pelatihan ini membawa manfaat nyata bagi peningkatan reputasi dan komunikasi dakwah  organisasi Muhammadiyah yang berlandaskan nilai-nilai Islam, keilmuan, dan kemanusiaan.

      Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

       

    • Penjelasan tentang orientasi dan teknis pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah 

    • Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

      Sebagai bagian dari proses evaluasi dan pengukuran efektivitas pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah, kami memohon kesedian Bapak/Ibu/Sdr/i untuk mengisi post-test yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan ini. Instrumen ini tidak hanya menjadi alat evaluatif, tetapi juga menjadi bagian dari pembelajaran reflektif bagi setiap peserta.

      Kami berharap peserta dapat mengikuti post-test ini dengan sungguh-sungguh, jujur, dan penuh tanggung jawab, sehingga hasilnya benar-benar mencerminkan capaian kompetensi yang diharapkan.

      Akhir kata, semoga pelatihan ini membawa manfaat nyata bagi peningkatan reputasi dan komunikasi dakwah  organisasi Muhammadiyah yang berlandaskan nilai-nilai Islam, keilmuan, dan kemanusiaan.

      Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Materi 1 : Integrasi Nilai Islam & Dakwah dalam Reputasi Digital

  • Materi 2 : Konsep Dasar Manajemen Reputasi Digital

  • Materi 3 : Pemetaan Stakeholders dan Persepsi Publik, dan Pemberitaan

    • Modul ini berisi tentang bagaimana melakukan pemetaan stakeholders.

    • Ini adalah materi dalam bentuk power point tentang analisis stakeholders

    • Unduh modul ini. Modul ini dilengkapi template berita, yang instan mudah digunakan

    • Modul Penulisan dan Publikasi Berita  di Media Digital dengan Platform User Generated Content dan Website untuk Reputasi Digital Organisasi dalam format word. Lengkap dengan template berita

    • Unduh materi Menulis Berita denganAI  (Artificial Intelligence)  Teknik TTG

    • Unduh materi ini

    • Materi Menulis Berita dengan AI Menggunakan TTG dalam format PDF

  • Materi 4 : Strategi Membangun Reputasi Digital Positif di Media Sosial

  • Materi 5 : Mengelola Krisis Untuk Membangun Reputasi Digital

    • Peserta mampu memahami langkah-langkah strategis dalam menghadapi krisis tanpa merusak reputasi organisasi, termasuk komunikasi efektif, manajemen risiko, pemulihan kepercayaan publik,etika dalam dunia digital dan  keamanan siber serta perlindungan data

       

    • Tujuan Aktivitas:

      • Berbagi pengalaman nyata dalam menghadapi krisis di organisasi masing-masing.
      • Mengidentifikasi tantangan, kesalahan, dan solusi yang diterapkan.
      • Membangun pemahaman kolektif tentang pentingnya manajemen krisis untuk reputasi organisasi.
    • Tujuan:

      Peserta mampu memahami langkah-langkah strategis dalam menghadapi krisis tanpa merusak reputasi organisasi, termasuk komunikasi efektif, manajemen risiko, pemulihan kepercayaan publik, etika dalam dunia digital dan keamanana siber serta perlindungan data

    • Dibuka: Sabtu, 16 Agustus 2025, 14:00
      Jatuh tempo: Senin, 18 Agustus 2025, 12:00
  • Mengukur dan Mengevaluasi Reputasi Digital

    • Pada materi ini,  peserta pelatihan akan diajak untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara mengukur dan mengevaluasi reputasi lembaga melalui metode praktek langsung mengukur dan mengevaluasi reputasi dari lembaga masing-masing.   sehinggo model pembelajaranya adalah learning by doing

    • Dalam power point ini berisi template instrumen pengukuran dan evaluasi reputasi lembaga

    • Dibuka: Jumat, 15 Agustus 2025, 07:00
      Jatuh tempo: Minggu, 17 Agustus 2025, 23:59

      Tugas ini digunakan sebagai media pembelajaran selama proses pelatihan menajemen reputasi, terutama untuk materi Mengukur dan Mengevaluasi REputasi lembaga. Dengan mengerjakan semua bagian tugas ini, maka peserta akan bisa mengukur dan mengevaluasi reputasi lembaga yang bapak ibu peserta pelatihan wakili.

  • Perencanaan Reputasi Digital

    • Foto oleh Brett Jordan di Unsplash

      Assalamualaikum.

      Mari kita mulai merencanakan perancangan reputasi digital dengan :

      1. Membuat akun GMail PWM dengan format : Muhammadiyah.Prov@gmail.com
      2. Mengklaim titik lokasi PWM di Google Map
      3. Memasukan nama PWM Provinsi pada keyword Google Alert
      4. Membuat akun Facebook dan mensetting Pro
      5. Membuat akun Instagram

    • Dibuka: Jumat, 29 Agustus 2025, 12:00
      Tutup: Kamis, 4 September 2025, 23:59
  • Praktek Produksi Konten Digital

    • Foto oleh Kvalifik di Unsplash

      Assalamualaikum, pada sesi ini kita akan praktek menangani krisis dan membuat konten : 

      Tim Strategi

      Lokasi : Ballroom 

      1. Memahami brief untuk menangani masalah 

      2. Analisis Situasi

      3. Menyusun strategi penanganan krisis

      Tim Teknis

      Lokasi : Bebas

      1. Ubah pers release jadi 5 kalimat pendek

      2. Pilih foto/video di Stok Foto dan Video

      3. Klik Template Capcut 

      4. Edit video

      5. Upload di IG

      Stok Foto dan Video

      Acuan konten video yang akan dibuat

      Template Capcut

    • Dibuka: Jumat, 29 Agustus 2025, 00:00
      Jatuh tempo: Kamis, 4 September 2025, 23:59

      Silakan upload 

      1. Tabel analisis situasi dalam format excel

      2. Tabel strategi penanganan krisis dalam format ecxel

      3. Pers Release dalam format pdf

      4. Link instagram video konten

    • Dibuka: Sabtu, 30 Agustus 2025, 00:00
      Jatuh tempo: Sabtu, 6 September 2025, 00:00

© 2025 Universitas Siber Muhammadiyah