Looking to boost your skills and knowledge? Sibermu Academy's have got you covered Learn more
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Sebagai bagian dari proses evaluasi dan pengukuran efektivitas pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk mengisi pre-test yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan ini. Instrumen ini tidak hanya menjadi alat evaluatif, tetapi juga menjadi bagian dari pembelajaran reflektif bagi setiap peserta. Kami berharap peserta dapat mengikuti pre-test ini dengan sungguh-sungguh, jujur, dan penuh tanggung jawab, sehingga hasilnya benar-benar mencerminkan capaian kompetensi yang diharapkan.
Akhir kata, semoga pelatihan ini membawa manfaat nyata bagi peningkatan reputasi dan komunikasi dakwah organisasi Muhammadiyah yang berlandaskan nilai-nilai Islam, keilmuan, dan kemanusiaan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Penjelasan tentang orientasi dan teknis pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Sebagai bagian dari proses evaluasi dan pengukuran efektivitas pelatihan Manajemen Reputasi Digital Organisasi Muhammadiyah, kami memohon kesedian Bapak/Ibu/Sdr/i untuk mengisi post-test yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan ini. Instrumen ini tidak hanya menjadi alat evaluatif, tetapi juga menjadi bagian dari pembelajaran reflektif bagi setiap peserta.
Kami berharap peserta dapat mengikuti post-test ini dengan sungguh-sungguh, jujur, dan penuh tanggung jawab, sehingga hasilnya benar-benar mencerminkan capaian kompetensi yang diharapkan.
Akhir kata, semoga pelatihan ini membawa manfaat nyata bagi peningkatan reputasi dan komunikasi dakwah organisasi Muhammadiyah yang berlandaskan nilai-nilai Islam, keilmuan, dan kemanusiaan.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pendahuluan
Pemetaan stakeholder merupakan salah satu proses penting dalam tata kelola organisasi yang baik. Sebelum pembahasan yang lebih lanjut tentang apa itu definisi pemetaan stakeholder, sebaiknya konsep dari stakeholder itu sendiri harus dipahami dengan baik. Freeman (1984) dalam Reed (2009) memberikan definisi stakeholder sebagai pihak yang terpengaruh oleh kebijakan dan pihak yang dapat mempengaruhi kebijakan. World Health Organization (WHO) memberikan definisi stakeholder sebagai berikut: “who may be directly or indirectly affected by the process or the outcome”. Setelah memetakan stakeholders, kita perlu membuat berita sejalan dengan kebutuhan organisasi dengan stakeholders.
Pembahasan
Tujuan dari tema ini adalah sebagai berikut :
Peserta mampu menjelaskan tentang stakeholder.
Peserta mampu melakukan analisis stakeholder dari sebuah berita.
Peserta mampu memetakan stakeholders di lembaga masing-masing.
Peserta mampu melakukan analisis stakeholder matrix untuk lembaga masing-masing.
Peserta mampu membuat rencana tindak lanjut untuk membina relasi dengan stakeholder masing-masing
Modul ini berisi tentang bagaimana melakukan pemetaan stakeholders.
Ini adalah materi dalam bentuk power point tentang analisis stakeholders
Unduh modul ini. Modul ini dilengkapi template berita, yang instan mudah digunakan
Modul Penulisan dan Publikasi Berita di Media Digital dengan Platform User Generated Content dan Website untuk Reputasi Digital Organisasi dalam format word. Lengkap dengan template berita
Unduh materi Menulis Berita denganAI (Artificial Intelligence) Teknik TTG
Unduh materi ini
Materi Menulis Berita dengan AI Menggunakan TTG dalam format PDF
Peserta mampu memahami langkah-langkah strategis dalam menghadapi krisis tanpa merusak reputasi organisasi, termasuk komunikasi efektif, manajemen risiko, pemulihan kepercayaan publik,etika dalam dunia digital dan keamanan siber serta perlindungan data
Tujuan Aktivitas:
Tujuan:
Peserta mampu memahami langkah-langkah strategis dalam menghadapi krisis tanpa merusak reputasi organisasi, termasuk komunikasi efektif, manajemen risiko, pemulihan kepercayaan publik, etika dalam dunia digital dan keamanana siber serta perlindungan data
Pada materi ini, peserta pelatihan akan diajak untuk mengetahui dan memahami bagaimana cara mengukur dan mengevaluasi reputasi lembaga melalui metode praktek langsung mengukur dan mengevaluasi reputasi dari lembaga masing-masing. sehinggo model pembelajaranya adalah learning by doing
Dalam power point ini berisi template instrumen pengukuran dan evaluasi reputasi lembaga
Tugas ini digunakan sebagai media pembelajaran selama proses pelatihan menajemen reputasi, terutama untuk materi Mengukur dan Mengevaluasi REputasi lembaga. Dengan mengerjakan semua bagian tugas ini, maka peserta akan bisa mengukur dan mengevaluasi reputasi lembaga yang bapak ibu peserta pelatihan wakili.
![]() |
Foto oleh Brett Jordan di Unsplash |
Assalamualaikum. Mari kita mulai merencanakan perancangan reputasi digital dengan :
|
![]() |
Foto oleh Kvalifik di Unsplash |
Assalamualaikum, pada sesi ini kita akan praktek menangani krisis dan membuat konten : Tim Strategi Lokasi : Ballroom 1. Memahami brief untuk menangani masalah 2. Analisis Situasi 3. Menyusun strategi penanganan krisis Tim Teknis Lokasi : Bebas 1. Ubah pers release jadi 5 kalimat pendek 2. Pilih foto/video di Stok Foto dan Video 3. Klik Template Capcut 4. Edit video 5. Upload di IG |
Acuan konten video yang akan dibuat
Silakan upload
1. Tabel analisis situasi dalam format excel
2. Tabel strategi penanganan krisis dalam format ecxel
3. Pers Release dalam format pdf
4. Link instagram video konten
© 2025 Universitas Siber Muhammadiyah